PUBLIC AREA DI DALAM HOTEL
Public
area berasal dari kata public dan area yang mempunyai arti
masing-masing yaitu : public adalah umum dan area adalah area, kawasan,
atau daerah.
Jadi
public area itu berarti area umum atau daerah umum, kawasan umum. Jadi
area umum itu area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali.
Public
area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping
department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian,
kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap
ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel. Public area section
sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di
dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang
dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang
menjadi senang dan dapat beristirahat dengan tenang.
Tempat-tempat
yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi : toilet,
lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi perhatian penting
untuk menarik tamu datang kedalam hotel.
Pengertian
dari Public area adalah bagian dari housekeeping yang menangani
kebersihan dan kerapian area-area umum hotel, kebersihan dan kerapian
hotel yang banyak dikunjungi oleh tamu. Segala macam urusan kebersihan
yang berada di kawasan umum di kerjakan oleh bagian Public Area, agar
memberikan kesan bersih dan nyaman pada lingkungan hotel dan membuat
tamu yang datang memiliki kesan yang baik terhadap hotel tersebut.
Job Description Public area
Bagian department Housekeeping yang bertugas dalam membersihkan area umum.
1. Bertanggung jawab atas kebersiahn public area sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan.
2.Memberikan penugasan dan arahan terhadap yugas-tugas yang harus dijalankan oleh public area attendant,night cleaner,toilet attendant,florist serta bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
3.Memeriksa daftar staff public area setiap hari.
4.Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran,bar,ruang rapat,dan sebagainya yang telah di kerjakan staff pada hari itu.
5.Membuat
laporan Maintenance request kepada engeneering dan menindak lanjuti
area-area,fasilitas,atau peralatan atas kerusakan,mengawasi
pengerjaan,dan memeriksa kembali hasil penerjaannya.
6.Bertanggung jawab terhadap biayadan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent,supplies,dan equipment.
7.Membuat program pelatihan terhadap staff public area secara rutin.
8.Menjalankan
prosedur keamanan,keselamatan,higienis,dan sanitasi baik untuk
kepentingan umum,kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
9.Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor Log Book setiap shift.
10.Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public Area Housekeeper,atau floor housekeeper.
Public Area Section
Publik Area adalah seksi dari
housekeeping yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan,
kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh
area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel.
1. House man : petugas
house keeping yang mengurus kebersihan di area umum dalam hotel seperti, lobby,
rest room, restaurant, banquet room
2. Gardener : petugas housekeeping yang mengurus kebersihan,
keindahan dan kerapihan area umum luar hotel. Seperti, park, garden, merawat
bunga
Syarat Seorang Publik Area
Perilaku Dasar
1.
Tepat waktu
2.
Memiliki rasa hormat terhadap diri,
teman dan pimpinan
3.
Memiliki loyalitas
4.
Menjalankan tugas dengan baik
5.
Dapat dipercaya
6.
Mengikuti jalur komunikasi
7.
Keamanan untuk bekerja sama
8.
Motivasi atau self motivation
Sikap Dasar
1.
Hubungan kerja yang lebih baik
2.
Kepercayaan diri yang lebih besar
dengan diri sendiri dan orang lain
3.
Meningkatnya tanggung jawab pribadi
4.
Meningkatnya pengendalian diri
5.
Menghemat waktu dan tenaga
6.
Memenuhi kebutuhan masing-masing
Syarat Khusus
1.
Bersih dan Rapi
Seorang Publik Area harus berpenampilan bersih dan rapi baik
dari pakaian maupun dari dirinya untuk memberikan citra yang baik terhadap tamu
yang dimana PA berhadapan langsung dengan tamu.
2.
Harum
Seorang Publik Area harus harum karena PA akan bertugas di
seluruh area tamu sehingga tidak menggangu tamu dengan bau yang tidak
menyenangkan.
3.
Cepat dan Tanggap
Seorang Publik Area harus dapat bekerja cepat agar tidak
menggangu tamu terlalu lama dan tanggap terhadap kotoran sehingga tidak ada
daerah yang telah dibersihkan ternyata masih ada kotoran tersisa serta tanggap saat melakukan pembersihan dengan menggunakan benda
berat dan pemasangan tanda-tanda tertentu seperti “wet floor” agar tidak
membahayakan tamu.
4.
Memiliki pengetahuan cukup tentang
hotel
Seorang Publik Area harus memiliki pengetahuan yang cukup
mengenai hotel terutama fasilitas-fasilitasnya agar apabila saat ditanya oleh
tamu dapat memberikan informasi.
5.
Ramah Dan Sopan
Seorang Publik Area harus bersikap sopan dan ramah setiap
waktu apalagi saat ditanya ataupun ingin menggangu sejenak tamu dan ramah
terhadap seluruh karyawan agar membina hubungan baik karena PA selalu akan
bekerja berdampingan dengan departemen lain.
6.
Murah Senyum
7.
Rajin Memberikan Salam
Seorang Publik Area harus rajin memberikan salam seperti
“good morning” agar tamu merasa diperhatikan.
Houseman adalah petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan dan
perawatan keseluruhan lingkungan hotel di dalam ruangan.
Adapun pembagian tugas dari pada seksi ini adalah sebagai berikut :
1.Kelompok kerja pagi (morning shift)
Pekerjaan pembersihan paling banyak dilakukan pada pagi sampai siang hari.jumlah houseman yang melakukan pembersihan pada pagi sampai siang hari Lebih banyak dilakukan disbanding malam hari.
2.kelompok kerja sore (evening shift)
Pemeliharaan kebersihan setiap hari dilaksanakan terus menerus dengan tujuan agar dapat menciptakan suasana bersih,rapi,dan hygiennes.pemeliharaan
Kebersihan pada sore hari dilaksanakan pada kelompok kerja evening shift.
Tugas dari evening shift adalah sebagai berikut:
A. Menjaga dan melanjutkan tugas rutin pada kelompok pagi.
B. Membersihkan dan merapikan seluruh kantor manajemen setelah usai jam kerja.
C. Mengontrol kebersihan lobi,asbak,dan tempat sampah.
3.Kelonpok kerja malam (night shift)
Kelompok kerja ini selain membersihkan tempat-tempat tertentu juga melaksanakan pembersihan secara menyeluruh. Kegiatan ini disebut general cleaning dilaksanakan
pada malam hari supaya tidak menggangu hotel lainnya
dan tidak menggangu kenyaman tamu.
Kegiatan ini meliputi hal-hal berikut :
A. Pelaksanaan pencucian karpet lobi, restoran dan bar.
B. Pembersihan tangga ,gang dan dinding lobi.
C. Pembersihan ruang rapat,banquet setelah pesta atau acara selesai.
D. Pembersihan ruang locker karyawan.
Gardener
Bagian ini bertanggung jawab atas keseluruhan taman baik yang ada di
dalam maupun di Luar hotel. Ruang terbuka dengan taman yang indah di sebuah hotel sangat
diperlukan . Adapun gunanya adalah untuk memberi kesan yang baik kepada tamu. Disekitar pintu masuk hotel (main entrance) biasanya dibuat taman
yang di tata sedemikian
rupa agar kelihatan menarik.
Petugas taman (gardener) perlu mengetahui fungsi dan nilai estetika.Gardener dapat berusaha sedemikian rupa agar taman kelihatan indah,
Menarik dan mempunyai nilai seni.Tugas dan tanggung jawab semua ini ada di tangan chief gardener dan pelaksaan tugas dilakukan oleh para gardener. Tugas
Pekerjaan pokok gardener adalah sebagai berikut:
a. Mengelola tanah
b. Memupuk tanaman
c. Menyiram tanaman
d. Memangkas tanaman
2. Mengatur penempatan Tanamam dan pemeliharaan tanaman yang meliputin
a. Menukar tanaman yang ada didalam untuk dibawah ke green house dan di rawat
b. Menempatkan tanaman baru dari green house kedalam pot, boks tanaman atau ke taman
3. Mengembangkan tanaman, tugas ini meliputin
a.
Menstek
b.
Mencangkok
c.
Menaman bibit
d.
Membeli tanaman baru
e.
Memelihara tanaman yang ada di green house.
Hubungan PA Dengan Seksi Lain Dalam
House Keeping
1.
Kerjasama dengan Floor Section
a.
Memberikan work order kepada PA
2.
Kerjasama dengan Linen dan Uniform
A. Menyiapkan seragam yang bersih, rapi dan harum
B. Memperbaiki seragam apabila robek atau rusak
c.
Mengambil secara rapi dan meletakkan
di tempat yang disediakan seusai memakai seragam
d.
Memberitahukan kepada Linen dan
Uniform mengenai pakaian yang rusak atau robek
3.
Kerjasama dengan Laundry Section
- Membersihkan seragam agar harum dan bersih
- Membersihkan alat kerja bawaan PA seperti lap
3.
Memberitahukan laundry section
apabila ada tamu yang ingin laundry
- Meletakkan alat kerja bawaan seperti lap ke tempat yang disediakan laundry section
Hubungan PA Dengan Seksi Lain
Departemen Berbeda
1.
Kerjasama dengan waiter
a.
Mengambil alat makanan dan minuman
yang dipakai tamu di area tamu seperti meja di lobby dan restaurant
b.
Meminta bantuan PA menambah meja dan
kursi di restaurant, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
c.
Melaporkan kepada waiter bila ada
barang-barang (sendok, piring, gelas dan lain-lain) yang dipakai oleh tamu agar
segera diambil.
d.
Menyampaikan kepada waiter, bila ada
pemesanan makanan dan minuman dari tamu.
2.
Kerjasama dengan banquet
a.
Mengirim “Banquet Even Order” kepada
PA untuk membuat lay out di dalam Banquet Hall atau Meeting Room.
b.
Meminta bantuan PA menambah meja dan
kursi di Ballroom atau Banquet Hall atau Meeting Room., serta menguranginya
jika tidak perlu lagi.
c.
Memberitahukan PA agar membuka lay
out membersihkan ruangan jika event sudah selesai.
d.
Menyediakan, merawat dan menyimpan
linen supplies yang digunakan Food and Beverage Department seperti :
·
Taplak meja (table cloth)
·
Serbet makan (napkin)
·
Alas meja di bawah taplak (multon)
e.
Membantu banquet membuat lay out di
Banquet Hall.
3.
Kerjasama dengan sales marketing
a.
Memberitahukan kepada PA, bila akan
diadakan confrensi, seminar, lokakarya, rakor dan lain-lainnya di Conference
Hall, Function Room atau Marketing Room.
b.
Memberitahukan kepada PA jika ada
perubahan jumlah peserta maupun lay out, menentukan jumlah penataan meja/kursi
dalam ruangan.
c.
Membersihkan office marketing dan
ruangan/function room yang akan digunakan untuk acara-acara pertemuan.
d.
Melakukan perubahan lay out seperti
yang dikehendaki oleh tamu yang memesan.
4.
Kerjasama dengan Enginnering
a.
Perbaikan terhadap mesin-mesin yang
digunakan oleh PA.
b.
Melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang di
kehendaki oleh PA berdasarkan WO (work order) yang diterima.
c.
Memasang alat-alat mesin sebagai
sarana kerja Housekeeping Department.
d.
Memberitahukan cara-cara
pengoperasian alat-alat tersebut serta cara perawatannya.
e.
Memasang perlengkapan untuk
acara-acara rapat pertemuan dan lain-lain.
f.
Melaporkan kerusakan-kerusakan yang
terjadi di lingkungan kerja seperti kerusakan alat-alat kerja, mesin-mesin, dan
lain-lain.
g.
Membuat dan mengirimkan WO (work
order) kepada Engineering Department untuk perbaikan kerusakan, membuat sarana
kerja yang diperlukan oleh Housekeeping Department.
5.
Kerjasama dengan Security
a.
Melakukan pengamanan kepada seluruh
area kerja PA dan ikut memantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak
diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu dari maupun ke hotel dan
mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
b.
Melakukan “body checking”
karyawan-karyawan yang pulang setelah selesai bertugas dan menangani
barang-barang yang hilang.
c.
Melaporkan kepada security apabila
ada tamu yang mencurigakan, memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP
check in, serta kamar-kamar berapa yang akan ditempati.
d.
Memberitahukan security dan
melaporkan jika bawaan barang-barang keluar hotel (khususnya milik
housekeeping) untuk keperluan out side carteting, rapat-rapat dan lain-lain.
Sumber : http://igedejuliantara.blogspot.com
maaf mau nanya..
BalasHapusapakah public area sama dengan OB?
terimakasih
beda, karena public area itu petugas kebersihan area di hotel. sedangkan ob(office boy) untuk di perkantoran/perusahaan walaupun tugas dan tanggung jawabnya sama mba nyaaa...
HapusMau txa, apakah sama gaji gardener dangan cleaner, trmkash sblumx
BalasHapusApakah masih membutuhkan staf??
BalasHapusMau tanya!! Terima kasih itu apa?!!
BalasHapussama sama
HapusMau nanya p.a supervisor sama p.a coordinator beda apa sama
BalasHapusMw tanya kira" Gaji bagian PA(public Area) brpa?
BalasHapusSaya bekerja sebagai housekeeping dibagian public area,Dan saya ingin merasakan dibagian room boy
BalasHapussaya besok pkl sebagai housekeeping bagian pa, boleh saya tanya beberapa hal mengenai itu? terima kasih.
Hapus